Hibernasi Pada ReptilHibernasi pada reptile sering disebut brumasi.

Hibernasi Pada Reptil

Hibernasi pada reptile sering disebut brumasi. Pada kebanyakan jenis ular, brumasi merupakan bagian penting dari cara hidup dan mereka harus berbrumasi tiap tahun untuk menghindari stress dan penyakit. Beberapa ular tidak memerlukan brumasi, tapi pemilik ular biasanya memilih untuk membrumasikan ularnya untuk bermacam alasan. Walau tidak sepenuhnya penting, brumasi bisa menghemat jumlah makanan dan perawatan yang diperlukan dan juga lebih alami. Brumasi juga bisa digunakan sebagaian dan untuk memulai siklus kawin bagi beberapa spesies ular. Untuk yang ingin membrumasikan ularnya, di bawah ini ada beberapa tips & instruksi tentang cara melakukannya dengan benar. Tidak semua ular berbrumasi. Jika mempunyai ular yang berasal dari lingkungan tropis yang tidak cukup dingin untuk berbrumasi, tidak disarankan untuk membrumasikan ular anda. Walaupun ular memiliki kemampuan biologis untuk berbrumasi, mereka tidak benar-benar dipersiapkan untuk brumasi jadi hal ini bisa menyebabkan gangguan pada kesehatannya. Untuk membrumasikan ular, suhu harus diturunkan sekitar 10o Celcius selama 1 atau 2 bulan, tapi harus diperhatikan habitat asli ular karena akan tergantung seberapa dingin di habitat aslinya dan untuk berapa lama. Dalam lingkungan alami ular, terjadinya perubahan suhu cukup lambat. Meskipun Anda bisa mendapatkan dingin atau panas dengan cepat, perubahan suhu secara keseluruhan lebih baik dilakukan bertahap. Jangan merubah suhu di habitat terlalu cepat karena akan mengejutkan ular. Hal ini juga perlu diingat saat menghangatkan ular.

Walaupun suhu adalah isyarat jelas untuk brumasi,  ular juga bisa dibujuk untuk berbrumasi dengan memperpendek waktu cahaya di siang hari. Saat berbrumasi, cahaya juga perlu diberikan, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit hingga akan sama seperti yang mereka alami jika di alam liar. Total waktu pemberian cahaya per hari harus berdasarkan pada kondisi tempat asal ular (lebih dekat ke kutub, siang hari akan lebih pendek saat musim dingin).

Jika waktu pencahayaan yang diperlukan ular saat musim dingin membuat kandang menjadi terlalu hangat, ganti bolam lampu dengan tipe lain atau bolam yang wattnya lebih kecil. Jangan hentikan pemakaian cahaya, walaupun mereka bersembunyi. Perlu diingat walaupun ular tidak perlu diberimakan saat brumasi, ular perlu air untuk minum saat ular terbangun. Perhatikan & cek ular sesekali apakah ular baik-baik saja.

Penulis:

biologimania, traveller, foodmania.. this is me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s