Reptilia berasal dari kata reptum

A.    PENGERTIAN REPTIL

Kata Reptilia berasal dari kata reptum yang berarti melata.Reptilia merupakan kelompok hewan darat pertama yang sepanjang hidupnya bernafas dengan peru-paru. Ciri umum kelas ini yang membedakan dengan Kelas yang lain adalah seluruh tubuhnya tertutup oleh kulit kering atau sisik. Kulit ini menutupi seluruh permukaan tubuhnya dan pada beberapa anggota ordo atau sub-ordo tertentu dapat mengelupas atau melakukan pergantian kulit baik secara total yaitu pada anggota Sub-ordo Ophidia dan pengelupasan sebagian pada anggota Sub-ordo Lacertilia. Sedangkan pada Ordo Chelonia dan Crocodilia sisiknya hampir tidak pernah mengalami pergantian atau pengelupasan.Kulit pada reptil memiliki sedikit sekali kelenjar kulit.

Hewan melata yaitu berjalan dengan perut menempel pada permukaan tanah atau tembok. Karena kaki orientasi lateral (sisi) berada dikiri kanan tubuh. Kajian mengenai hewan amfibi dan reptilian disebut herpetology  yang berarti hewan melata. Reptilia termasuk dalam vertebrata yang pada umumnya tetrapoda, akan tetapi pada beberapa diantaranya tungkainya mengalami reduksi atau hilang sama sekali seperti pada serpentes dan sebagian lacertilia. Reptilia yang tidak mengalami reduksi tungkai umumnya memiliki 5 jari atau pentadactylus dan setiap jarinya bercakar.Rangkanya pada reptilia mengalami osifikasi sempurna dan bernafas dengan paru-paru.

B.     MASA REPTILIA

Masa Reptilia dimana hewan reptlilia ini jauh lebih menyebar, lebih banyak jumlahnya, dan lebih beraneka ragam selama zaman Mesozoikum dibandingkan dengan saat ini.Asal mula dan radisai evolusioner awal reptilian. Fosil reptilian tertua ditemukan di batuan yang berasal dari akhir masa Karboniferus;berumur sekitar 300 juta tahun. Leluhurnya adalah salah satu di antara amfibi dimasa Devon.Dalam dua gelombang besar radiasi adaptif, reptilian menjadi vertebrata darat yang dominan dalam suatu dinasti yang bertahan selama lebih dari 200 juta tahun. (Campbell 2003)

Penyebaran reptilia pertama kali terjadi pada masa Permium, yaitu masa terakhir Paleozoikum, dan menjadi dua cabang evolusi utama.

  1. Sinapsida. Cabang tersebut meliputi beraneka ragam reptilian yang mirip mamalia yang disebut tetrapsida, termasuk organisme yang kemungkinan merupakan leluhur mamalia.
  2. Sauropsida. Cabang tersebut menghasilkan semua aminota modern kecuali mamalia. Sauropsida terbagi menjadi dua subcabang relative awal dalam sejarahnya:
  3. Anapsida. Kura-kura adalah satu-satunya jenis yang selamat dari kelompok reptilian.
  4. Diapsida. Kadal, ular, dan buaya adalah diapsida yang masih hidup saat ini yang diklasifikasikan sebagai reptilian. Dinosaurus dan beberapa kelompok reptilia lain yang sudah punah juga merupakan anggota diapsida. Analissi kladistik memberikan bukti yang kuat bahwa burung adalah kerabat terdekat yang masih hidup bagi dinosaurus yang sudah punah tersebut. (Campbell 2003)

Penulis:

biologimania, traveller, foodmania.. this is me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s