Habitat Reptil

         

 Sebagai satwa ektotermal, reptil tersebar pada berbagai macam habitat. Jenis-jenis reptil dapat hidup di laut, perairan tawar, gurun, bahkan pegunungan. Penyebaran reptil sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari yang mencapai daerah tersebut (Halliday dan Adler, 2000). Satwa Testudines dibedakan menurut habitatnya. Penyu hidup di laut dan hanya naik ke pantai untuk bertelur. Kura-kura dan labi-labi terdiri dari jenis akuatik dan semi-akuatik yang hidup pada daerah perairan tawar. Baning atau kura-kura darat hidup sepenuhnya di darat (Halliday dan Adler, 2000).

Kadal hidup pada berbagai habitat. Jenis terestrial hidup di pepohonan maupun di dalam tanah. Jenis-jenis lain merupakan semi-akuatik (Halliday dan Adler, 2000). Dengan kulit mereka yang impermeabel dan kemampuan untuk menyimpan air, kadal juga dapat hidup di daerah gurun (Mattison, 1992). Sebagian besar ular merupakan jenis terestrial, tetapi terdapat beberapa jenis yang hidup di tanah. Jenis ular yang paling berbisa merupakan ular air yang hidup di laut. Selain itu ada juga jenis ular yang hidup di air perairan tawar dan pada pepohonan (Halliday dan Adler, 2000). Hutan tropis memiliki keanekaragaman jenis ular yang lebih banyak dibandingkan dengan hutan temperat karena penetrasi cahaya matahari dan suhu yang lebih rendah pada hutan temperat. Daerah pegunungan dengan temperatur yang ekstrim bukan merupakan habitat yang ideal untuk ular, tetapi seekor ular jenis Agkistrodon himalayanus pernah ditemukan pada ketinggian 4.900 m dpl (Mattison, 1992).

 

Penyebaran

Penyebaran reptil di dunia dipengaruhi jumlah cahaya matahari pada daerah tersebut. Jenis reptil yang terdapat di Indonesia berasal dari Ordo Testudinata, Squamata (kadal dan ular), dan Crocodylia (Halliday dan Adler, 2000).  Testudinata tersebar di seluruh dunia di daerah tropis dan sub tropis. Kurakura terdapat di semua wilayah perairan laut (Halliday dan Adler, 2000). Di Indonesia terdapat sekitar 39 jenis kura-kura, yang terdiri dari enam jenis penyu, enam jenis labi-labi, dua jenis baning atau kura-kura darat, dan 25 jenis kura-kura air tawar (Iskandar, 2000).

Ordo Sauria tersebar di Kanada Selatan sampai Tierra del Fuego, dari Norwegia Utara sampai Selandia Baru, dan juga kepulauan di Laut Atlantik, Pasifik dan Indian (Halliday dan Adler, 2000).

Ular tersebar di seluruh dunia kecuali daerah kutub, Islandia, Irlandia, dan Selandia Baru. Ular tersebar di seluruh Indonesia, termasuk daerah lautan (Halliday dan Adler, 2000). Ular laut tersebar pada bagian tropis Laut Pasific, laut India, Indonesia sampai Australia Utara, dan Amerika Selatan (Mattison, 1992). Buaya tersebar di benua Asia, Australia, Amerika dan Afrika. Penyebarannya di Asia mencakup Indonesia sampai Cina dan India. Buaya juga terdapat di bagian Utara Australia. Di Afrika buaya terdapat di bagian Tengah dan Selatan, dan juga Amerika Selatan, Tengah, dan bagian Tenggara Amerika Serikat (Halliday danAdler, 2000). Di Indonesia terdapat 6 jenis buaya yang terdiri dari 2 genus yaitu Crocodylus dan Tomistoma (Iskandar, 2000).

Habitat dari Kelas Reptilia ini bermacam-macam. Ada yang merupakan hewan akuatik seperti penyu dan beberapa jenis ular, semi akuatik yaitu Ordo Crocodilia dan beberapa anggota Ordo Chelonia, beberapa Sub-ordo Ophidia, terrestrial yaitu pada kebanyakan Sub-kelas Lacertilia dan Ophidia, beberapa anggota Ordo Testudinata, sub terran pada sebagian kecil anggota Sub-kelas Ophidia, dan arboreal pada sebagian kecil Sub-ordo Ophidia dan Lacertilia.

 

Reptilia merupakan kelompok vertebrata yang beradaptasi untuk hidup di darat yang lingkungannya kering. Adanya sisik dan kulit yang menanduk mencegah hilangnya kelembaban tubuh dan membantu hewan untuk hidup di permukaan yang kasar. Nama kelas Reptilia menunjukkan cara berjalan (latin: retum=melata). Reptilia tersebar baik di daerah teropis maupun daerah subtropics. Pada daerah-daerah yang mendekati kutub dan tempat-tempat yang lebih tinggi jumlah dan jenisnya makin sedikit. Reptile menempati macam-macam habitat. Phyton misalnya terdapat di daerah-daerah tropis, hanya terdapat di rawa-rawa, sungai atau sepanjang pantai. Penyu terbesar teradapat dilaut dan kura-kura darat raksasa terdapat di kepulauan. Kadal dan ular umumnya terrestrial, tetapi ada yang menempati karang-karang atau pohon.

 

About these ads